Training of Trainer (ToT) Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Pembelajaran dan Penilaian yang Mengakomodasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Satuan Pendidikan Khusus atau Sekolah Luar Biasa (SLB)

Dalam rangka meningkatkan professional guru pada satuan pendidikan khusus atau sekolah luar biasa (SLB), Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus bekerja sama dengan Lintang Samudera Edukasi Yayasan MDP Indonesia, akan menyelenggarakan kegiatan “Training of Trainer (ToT) Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Pembelajaran dan Penilaian yang Mengakomodasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Satuan Pendidikan Khusus atau Sekolah Luar Biasa (SLB)” yang akan dilaksanakan pada 12 desember2021 sampai dengan 15 Desember 2021 bertempat di Merlynn Park Hotel Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini  Yudhit Sawitri, S.Pd salah satu tenaga pendidik SLB Negeri 2 Buleleng mendapatkan surat undangan mengikuti kegiatan ini. Hari pertama kegiatan mengagendakan pembukaan acara dan pretes. Pembukaan diberikan penjelasan Kebijakan Direktorat Jenderal GTK dalam Merdeka Belajar (A1) oleh Direktur Guru Dikmen dan Diksus. Di hari kedua kegiatan dilanjutkan ke materi Kebijakan Pendidikan Khusus dan Inklusif (A2), Konsep Dasar Pendidikan Khusus dan Pendidikan Inklusif (B1), Keragaman Peserta Didik (B2), Identifikasi, Asesmen, dan Intervensi (B3) dan Akomodasi Kurikulum, Pembelajaran, dan Penilaian (B4). Materi-materi tersebut diberikan oleh tim dari Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus.

Di hari berikutnya materi dilanjutkan ke Program Pembelajaran Individual (B5), Praktik Menyusun Instrumen Identifikasi dan Asesmen (B6), Praktik Menyusun RPP yang Mengakomodasi PDBK (B7), Praktik Menyusun PPI bagi PDBK yang Memiliki Hambatan Intelektual (B8), Penulisan Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Pada hari terakhir diberikan postestentang kegiatan yang telah diikui para peserta dan diakhiri dengan penutupan kegiatan “Training of Trainer (ToT) Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Pembelajaran dan Penilaian yang Mengakomodasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Satuan Pendidikan Khusus atau Sekolah Luar Biasa (SLB)”